Antisipasi Bencana, Polres HSU Gelar Latihan SAR Gabungan

Tim SAR Polres Hulu Sungai Utara bersama Kodim 1001 HSU/BLG serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Hulu Sungai Utara melakukan simualasi Peragaan, Pelatihan, dan Penanggulangan Bencana Banjir di sepanjang sungai bawah jembatan paliwara,  Jumat (12/11).

Kapolres Hulu Sungai Utara AKBP Afri Darmawan melalui Wakapolres HSU Kompol H. M. Irfan, S.H.,M.H.,, menjelaskan, latihan gabungan ini rutin dilaksanakan. Pihaknya bekerja sama dengan Kodim 1001 HSU/BLG dan BPBD Hulu Sungai Utara guna mengembangkan kemampuan para personel polisi agar siap ketika diterjunkan di daerah rawan bencana.

“Dalam latihan ini, para peserta memperagakan bagaimana tim SAR memberikan pertolongan bagi warga yang tenggelam dan terjebak dalam genangan air,” jelas Wakapolres.

Latihan tersebut diawali dengan mempersiapakan perahu karet yang merupakan salah satu sarana terpenting dalam penanganan bencana banjir maupun pertolongan orang tenggelam di sungai. Setelah perahu karet siap, para peserta menggunakan pelampung berwarna oranye yang dikenakan seperti rompi.

Setelah semuanya siap, peserta langsung turun ke lokasi. Di pinggir sungai, peserta bersiap masuk ke dalam perahu karet tersebut dan menyisiri setiap kelokan sungai guna melatih kemampuan mendayung para peserta. Dalam latihan ini, juga diadakan simulasi penanganan korban banjir maupun pertolongan orang tenggelam.

Lebih lanjut,  Kasat Samapta menyatakan, dalam simulasi bencana banjir itu tak hanya fokus pada penanganan evakuasi korban.

“Setelah air surut, kami perintahkan semua anggota membersihkan sampah yang terbawa arus sungai,” pungkasnya.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 4 =