Penaggulangan Bencana Alam, Kapolres HSU Hadiri Apel Gelar Pasukkan Darurat Banjir

Polres Hulu Sungai Utara Polda Kalsel, AKBP Afri Darmawan, S.IK.,M.H., bersama satu SST pasukan dari Polres HSU mengikuti acara Apel Siaga Darurat Bencana Banjir, Tanah Longsor, Angin Puting Beliung Dan Gelombang Pasang di Kabupaten Hulu Sungai Utara bertempat di Lapangan Stadion Karias Kec. Amuntai Tengah Kab. HSU. Rabu, (24/11/2021).

Gelar pasukan Apel Siaga Darurat Bencana tersebut dilaksanakan oleh Wakil Bupati H. Husairi Abdi,Lc selaku pimpinan Apel dalam rangka penanggulangan bencana alam Banjir, Tanah Longsor, Angin Puting Beliung, dan Gelombang Pasang serta bencana lainnya di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Apel Siaga diikuti oleh unsur TNI, POLRI, Dishub, BPBD, TAGANA, DAMKAR, SATPOL PP dan Pramuka. Dalam amanatnya Wakil Bupati mengatakan Pemerintah sangat serius dalam memperhatikan penanggulangan bencana alam seperti Banjir, Tanah Longsor, Angin Puting Beliung dan Gelombang Pasang serta bencana alam lainnya, mengingat kondisi cuaca curah hujan yang semakin hari semakin meningkat. Maka dari itu, Pemerintah telah membentuk BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan mensosialisasikan kepada seluruh Instansi dan masyarakat tentang bencana alam.

Tujuan diadakannya apel siaga ini ialah untuk melihat kesiapan dan menyiapkan unsur-unsur terkait beserta perlengkapannya apabila terjadi bencana alam yang sering terjadi ketika musim hujan tiba dan mengurangi terjadinya Banjir, Tanah Longsor, Angin Puting Beliung dan Gelombang Pasang di Hulu Sungai Utara.
Gelar pasukan penanggulangan bencana alam tersebut juga dihadiri oleh Ketua Pengadilan Negeri Amuntai Budi Hermanto,S.H.,M.H, Kepala BPBD HSU Drs. Sugeng Riyadi, Kasat Pol PP Kab. HSU Jumadi, Unsur SKPD HSU, PJU Polres HSU serta tamu undangan lainnya baik dari instansi Militer, Polri maupun Sipil.

Saat di konfirmasi Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan, S.IK.,M.H., menambahkan upaya penanggulangan bencana banjir ini harus dilaksanakan secara sinergis antara TNI, Polri serta stakeholder maupun potensi masyarakat lainnya dan bertindak sebagai leading sektor adalah badan penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gumas, dengan adanya partisipasi kerjasama dan koordinasi dari instansi terkait untuk menyiapkan peralatan dan satuan tugas penanggulangan bencana sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawabnya, mengingat peralatan dan sarana pendukung yang dimiliki oleh masing-masing instansi sangat terbatas, sehingga siap digerakkan sewaktu-waktu ketika musibah bencana banjir terjadi.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × five =