Polres HSU Dalam Ops Sikat Intan Berhasil Ungkap Uang Palsu

hulusungaiutara.kalsel.polri.go.id – Polres HSU, Dua warga Kabupaten Balangan, terjaring operasi Sikat Intan 2017, di wilayah Kepolisian Resort (Polres) Hulu Sungai Utara saat di geledah ternyata membawa uang palsu. Keduanya tertangkap pada hari Senin, (27/11/2017), saat Kepolisian Sektor (Polsek) Banjang melaksanakan Operasi Sikat Intan.

Kapolres HSU, AKBP Agus Sudaryanto melalui Kapolsek Banjang Ipda Siswadi mengatakan, “kedua pelaku tersebut berinisial RMD (43) warga Desa Mundar Kecamatan Lampihong dan MRD (68), warga Desa Hujan Mas, Kecamatan Paringin. Keduanya merupakan warga Kabupaten Balangan, yang terjaring di wilayah Kabupaten HSU, tepatnya di Jalan Hermani Husin, Desa Beringin, Kecamatan Banjang, HSU”, terangnya oleh Kapolsek Banjang Ipda Siswadi.

Saat dilakukan pemeriksaan di sebuah warung di desa tersebut, para aparat kepolisian melakukan pemeriksaan dan penggeledahan kepada setiap pengunjung. Dan pada saat pelaku dilakukan penggeledahan, ditemukan 13 lembar uang kertas palsu pecahan Rp100.000 yang disimpan di dalam jaket. Saat dilakukan interogasi, dan pengembangan selanjutnya, dilakukan pemeriksaan di rumah pelaku di Desa Mundar, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan. “Dirumah pelaku kita temukan uang kertas palsu sebesar Rp8.000.000 yang disimpan di dalam kamar,” jelasnya.

Saat ini pelaku ditangani oleh Satuan Reskrim Polres HSU untuk pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut. Kedua pelaku terancam tindak pidana Pasal 36 ayat (3) UU RI Nomor 7 Tahun 2011 – Setiap orang yang mengedarkan dan/atau membelanjakan rupiah yang diketahuinya merupakan rupiah palsu . Dengan ancaman hukuman hingga 15 tahun penjara.

Penulis : Alam Saktiswara

Editor   : Alam Saktiswara

Publish : H. Ahmad

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 − three =