Polres Hsu Laksanakan Kegiatan Takbir Tanpa ada Kata Pulang Kampung

Polres Hsu menggelar apel dalam rangka Pengamanan Malam Takbir Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Hal ini dilakukan demi menjaga kondusifitas Kota Kab. Hsu saat malam takbiran.

Kapolres Hsu AKBP Agus Sudaryatno, S.I.K, M.H., memimpin langsung apel kesiapan malam takbiran di dampingi Waka Polres Hsu
Kompol Handoyo Yudhy Santosa, S.I.K., M.I.K. dan di ikuti pju serta 46 personil Polres Hsu di gedung jana nuraga mapolres Hsu dikarenakan cuaca hujan.

Kapolres Hsu dalam amanatnya menyampaikan, “Insya Allah hari ini hari terakhir bagi umat Islam dalam melaksanakan ibadah puasa, yang sudah menjadi tradisi bagi umat islam indonesia khususnya di Kab. Hsu. Menjelang hari kemenangan Idul Fitri melaksanakan kegiatan takbir sebagai wujud suka cita, menyambut hari raya Idul Fitri,” kata Kapolres dalam sambutannya Sabtu (24/6/2017)

Selain itu, Ujar Kapolres Hsu, ” kegiatan malam takbir menjadi atensi jajaran Polres Hsu untuk melakukan pengamanan dengan baik dan maksimal. Karena kegiatan tersebut memiliki kerawanan yang cukup tinggi dan berdampak terhadap adanya gangguan Kamtibmas.

Karena kegiatan masyarakat berupa takbiran itu, memiliki potensi kelalaian yang cukup tinggi dan berdampak terhadap adanya gangguan kamtibmas serta kemacetan lalu lintas.

” Antisipasi lainnya yang konvoi menggunakan roda empat, roda dua yang menimbulkan dampak terjadinya kemacetan. Potensi kerawanan lainnya adalah penggunaan petasan dan kembang api. Selain membahayakan diri sendiri dan orang lain, juga dapat terjadinya kebakaran walau saat ini cuaca hujan, ” jelas Kapolres Hsu

Pelaksanaan apel dalam rangka pengamanan malam takbiran ini, merupakan salah satu bentuk kesiapsiagaan Polres Hsu dalam mengantisipasi potensi kerawanan yang ada, serta dalam rangka mengemban tugas mulia yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Sehingga pelaksanaan kegiatan malam takbir dapat berjalan penuh hikmat, aman, tertib dan lancar,” ucapnya.

Apel kesiapan ini juga untuk menyamakan persepsi seluruh personel yang bertugas di lapangan dalam melakukan tindakan. Sehingga apa yang dilakukan di lapangan tidak keluar dari koridor dan arahan pimpinan.

Setidaknya ada 3 pedoman bagi seluruh personel dalam menjaga malam takbiran. Berikut pedoman tersebut yang disampaikan oleh Kapolres Hsu berupa arahan Agar pam malam Takbiran dilaksanakan secara profesional jangan Underestimate meskipun wilayah Kab. HSU tergolong aman, anggota Pam Yang berseragam minimal dua orang jangan ada yang sendiri – sendiri, diupayakan untuk melakukan peninandakan sesuai dengan prosedur utamakan tindakan Preventif.

Selanjutnya personil menempati ploting pam masing-masing, serta Polsek jajaran Polres Hsu melaksanakan kegiatan pengamanan serupa di wilayah masing masing.

Penulis : Alam Saktiswara

Editor   : Alam Saktiswara

Publish : F. Ross

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 + twenty =