Serunya Sat Binmas Polres HSU Bertemu Tangan Kidal Ketika Penghormatan Dalam PBB

hulusungaiutara.kalsel.polri.go.id – Polres HSU, Tangan Kidal, sebagian orang mungkin bertanya-tanya dan heran atau bahkan takjub ketika melihat orang lain menggunakan tangan kiri ketika beraktivitas, atau melakukan kegiatan tangan yang berat. Kebiasaan ini disebut juga dengan istilah kidal, suatu kebiasaan lebih dominan menggunakan tangan kiri untuk melakukan pekerjaan. Seperti menulis, makan, atau melakukan pekerjaan yang berat menggunakan tangan, menurut The Left Handers Club, sebuah organisasi orang-orang kidal tak pernah menganggap bahwa kidal itu adalah sebuah kelainan, tapi sebaliknya, mereka malah menganggap kidal adalah sebuah keunikan.

” Hormaaaaat Grak ” Teriakan aba-aba yang dilontarkan dengan lantang oleh Bripka C.Sinaga didepan barisan linmas  berakhir riuh, ” ada apa gerangan ? ternyata 65 linmas yang sedang latihan PBB salah satunya meangkat tangan kiri melaksanakan penghormatan tersebut, Spontan Brigadir Roby mendekati sambil tersenyum dengan bijak memberi tahu serta menjelaskan harus menggubakan tangan kanan, ketika melaksanakan penghormatan dalam barisan berbaris.

Dengan senyum lugu dan agak kaku linmas tersebut mengganti dengan tangan kanannya, sambil bersuara ” Kada tahu Komandan, ulun kebiasaaan menggawe pake tangan kiwa, (versi bhs.Banjar)   ” Tidak tahu Komandan, saya terbiasaaa mengerjakan sesuatu pake tangan kiri ”

Hal ini malah jadi hiburan penghilang penat para linmas disela sela keseriusan laihan PBB tersebut dan Sangkidalpun senyum-senyum tanpa malu dan dia terus melatih penghormatan dengan tangan kanannya, Alhamdulillah akhir nya bisa, tuturnya “.

Kegiatan di pimpin Ipda Syaifullah selaku Kepala Urusan Pembinaan Operasional (Kaur Bin Ops) Sat Binmas didampingi Bripka C.Sinaga Kepala Unit Pembinaan Perpolisian Masyarakat (Kanit Binpolmas) Sat Binmas dan Brigadir Robbi Utama Kepala Unit Pembinaan Keamananan Swakarsa (Kanit Binkamsa) Sat Binmas Polres HSU.

Sebelum latihan PBB dilaksanakan Ipda Syaifullah menyampaikan materi kemampuan Sat linmas berupa  tugas dan tanggung jawab linmas di Desa masing-masing, Menyampaikan tentang peran Linmas dalam keamanan ketertiban di masyarakat (kamtibmas),  Menyampaikan  bahaya paham Radikalisme dan Terorisme serta bahaya Penyalahgunaan Narkoba. Dilanjutkan tanya jawab tentang peran Linmas dalam menciptakan Kamtibmas di Desa  seandainya ada menemukan tindak pidana di Desa masalah peredaran Obat Zenit,   Masyarakat yg mabuk di Desa. Sedangkan menyampaikan meteri dan langsung latihan tentang Peraturan Baris Berbaris ( PBB ) kepada Anggota Sat Linmas dilaksanakan di halaman Kec.Sei. Tabukan Kab.HSU yg disampaikan oleh Bripka Charles Sinaga dan Brigadir Robbi Utama.

Kapolres HSU AKBP Agus Sudaryatno, S.IK,MH  melalui KBO Sat Binmas Ipda Syaifullah mengharapkan ” Agar para Anggota Sat Linmas khususnya di kec.Sungai Tabukan dan umumnya se – Kab.HSU memiliki kemampuan dalam hal memelihara keamanan ketertibam di masyarakat masing-masing “ ucap KBO Sat Binmas Ipda Syaifullah.

Penulis : Alam Saktiswara

Editor   : Alam Saktiswara

Publish : H. Ahmad

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × two =